Simple aja menurut saya belajar bahasa pemrograman itu untuk mempermudah mempelajari algoritma, dan
yang pasti agar kita bisa untuk membuat program komputer atau bahkan membuat software komputer.
ILUSTRASI PROSES COMPILE PADA JAVA
Sebelum kita menjalankan program java, ada baiknya kita compile untuk mengoreksi apa ada kesalahan diprogram dan dimana letak kesalahannya, yuk langsung aja.
- Buatlah sebuah program teks editor, di notepad ataupun di notepad++ (bebas aja)
- Kalau coding programnya sudah selesai simpan file kamu dengan ekstensi .java misal coba.java
- Ingat ya tempat di mana kamu menyimpan file codingnya. Atau agar sama kita simpan di drive D: dengan nama folder java
- Langsung lakukan kompilasi melalui CMD atau Command Prompt.
- Setelah dikompilasi, file yang tadi bernama coba.java akan bertambah tetapi namanya berubah menjadi file coba.class dan file coba.class ini lah yang nantinya dapat dijalankan sebagai sebuah program.
Buka CMD atau Command Prompt
Masuk ke folder java yang ada di Drive D
Kemudian ketikan --> javac nama_file.java (untuk mengcompile)
Kemudian untuk melihan hasilnya ketikan --> java nama_file
APA ITU OBJEK, STATE, IDENTITAS ?
- Objek yaitu membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
- State yaitu variable2 yang dideklarasikan di dalam class. Pada contoh di atas nama dan umur disebut dengan state.
- identitas pada umumnya juga memiliki data tentang dirinya maupun object lain dan mempunyai kemampuan untuk melakukan sesuatu dan bisa bekerja sama dengan objek lainnya.
4 KONSEP OOP
Sebelum membahas 4 konsep utama dari OOP, ada baiknya kita mengenal sedikit tentang OOP. Nih.. langsung aja apa itu.
OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi.
Nah .. Di dalam pemrograman OOP jangan di lewatkan kalau ada 4 konsep utama yang harus diperhatikan, berikut 4 konsep utama dalam OOP:
- Encapsulation/pembungkusan, merupakan penyembunyian informasi melalui private dan protected.
- Inheritance/pewarisan, adalah kemampuan untuk membuat class turunan yang mewarisi property dan method dari kelas induk.
- Abtraction/abtraksi, adalah sebuah konsep yang merupakan representasi abstrak dari konsep dalam pemograman, misalnya objek mobil merupakan representasi abstrak dari mobil dalam dunia nyata.
- Polymorphism/banyak bentuk, seorang programer bisa memakai method dengan nama yang sama pada class-class yang berbeda.
APA ITU VARIABEL, STATEMENT, TIPE DATA PRIMITIF?
Statement/Pernyataan adalah bagian terkecil dalam sebuah program untuk melaksanakan suatu tugas tertentu, seperti memanggil metode, mendeklarasikan variabel, membandingkan dua buah variabel,dan diakhiri dengan tanda ;"
Variable adalah tempat untuk menyimpan sebuah data atau nilai atau merupakan container yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai pada sebuah program dengan tipe tertentu.
Tipe data primitif adalah tipe data yang mempunyai nilai tertentu,bukan referensi Class ataupun objek. Apa aja jenis-jenis tipe data primitif itu ? lihat pada program java dibawah ini ^,^
CONTOH PROGRAM (JENIS-JENIS TIPE DATA PRIMITIF)
HASILNYA pada CMD:
CONTOH PROGRAM KE-2
HASILNYA pada CMD:
TERIMAKASIH ~
0 komentar:
Posting Komentar